Executive Chairman MNC Group

Hary Tanoesoedibjo

Executive Chairman MNC Group

Warga negara Indonesia. Beliau memperoleh gelar Bachelor of Commerce (Honours) dari Carleton University, Ottawa, Kanada pada tahun 1988, dan menyelesaikan MBA di Ottawa University pada tahun 1989.

Beliau adalah pendiri, sekaligus pemegang saham pengendali dan Executive Chairman MNC Group, yang memfokuskan kegiatan bisnisnya pada tiga bidang: Media, Jasa Keuangan, dan Entertainment Hospitality.

Beliau memegang kendali langsung PT Global Mediacom Tbk (MNC Media), media grup terbesar dan paling terintegrasi di Asia Tenggara. MNC Media mendominasi pasar dengan bisnis media & konten berbasis iklan, media berbasis pelanggan & broadband serta bisnis digital.

Global Mediacom adalah perusahaan induk dari PT Media Nusantara Citra Tbk atau MNC yang memiliki 4 televisi FTA nasional: RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews, portal terbesar Okezone.com, Sindonews.com dan iNews.id, serta berbagai digital platforms termasuk streaming service ternama, yaitu RCTI+. MNC juga memproduksi konten terbesar, serta memiliki pustaka konten terbesar, manajemen talent dan MCN (Multi Channel Network) terbesar dengan hampir 200 juta subscribers dan followers (www.mnc.co.id).

Global Mediacom juga merupakan perusahaan induk dari PT MNC Vision Networks Tbk (MVN) yang memiliki Pay TV providers terbesar dengan nama MNC Vision dan K-Vision, IPTV ketiga terbesar dan broadband operation dengan nama MNC Play. MVN juga mengoperasikan layanan OTT terbesar Vision+ (www.mncvisionnetworks.com).

Di bidang jasa keuangan, beliau mengendalikan PT MNC Kapital Indonesia Tbk, perusahaan induk di bidang finansial yang memiliki grup jasa keuangan yang paling terdiversifikasi dan terintegrasi di Indonesia dengan sepuluh unit bisnis yang berlisensi penuh, di bidang layanan perbankan, multifinance, sekuritas & broker, asuransi, manajemen aset, dan teknologi keuangan (www.mncfinancialservices.com).

Grup usaha lain di bawah pimpinan beliau adalah PT MNC Land Tbk, perusahaan induk dari anak perusahaan yang berfokus di bidang pengembangan dan pengelolaan entertainment hospitality. Portofolio proyeknya mencakup beberapa gedung perkantoran dan hotel di Jakarta & Surabaya, serta proyek entertainment & lifestyle yang paling prestisius di Indonesia, antara lain MNC Lido City, MNC Bali Resort, Park Hyatt Jakarta, dan The Westin Resort & Convention Centre di Bali (www.mncland.com).

Sebagai wirausahawan terkemuka, beliau secara aktif berinteraksi dengan pemerintah dan parlemen terkait kegiatan ekonomi, dan secara rutin menjadi pembicara pada berbagai media event nasional dan internasional, serta memberikan kuliah umum kewirausahaan dan manajemen strategis di hampir 200 universitas di seluruh Indonesia.