26 Nov 2020, 17:20 WIB

MNC Peduli Bersama Pemprov DKI dan Apjatel Hadirkan Internet Gratis di RPTRA Bahari Jaksel

JAKARTA, iNews.id - MNC Group melalui MNC Peduli berkolaborasi dengan Pemprov DKI dan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) menyediakan internet gratis di RPTRA Bahari, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (26/11/2020). Kehadiran internet gratis ini pun disambut antusias masyarakat.

Pemasangan internet gratis diresmikan oleh Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo, Director of OTT Product, Marketing & Programming MVN Clarissa Tanoesoedibjo, Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata, Ketua Umum Apjatel M Arif Angga dan Wakil Camat Cilandak Encu Suhani.

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo menuturkan, selama pandemi Covid-19, masyarakat Jakarta terdampak krisis, khususnya berkaitan pendidikan. Sebab, selama pandemi berbagai kegiatan pun dilakukan di rumah secara online, baik persoalan pekerjaan maupun persoalan pembelajaran anak-anak sekolah dan mahasiswa.

Untuk itu, kata dia, ketersediaan internet pun menjadi penting. MNC Peduli pun berinisiatif menggandeng Pemprov DKI dan Apjatel untuk menyediakan internet gratis bagi warga Jakarta, salah satunya di kawasan Gandaria Selatan. Dengan kehadiran internet ini, anak-anak sekolah dan masyarakat di Gandaria Selatan bisa mendapatkan manfaatnya dengan adanya ketersediaan fasilitas internet gratis itu.

"Dengan peresmian internet gratis atau Jak Wifi di Gandaria Selatan ini, kami MNC Peduli bangga karena bisa jadi bagian perpanjangan tangan di bidang sosial. Terutama di masa pandemi, salah satu peran yang kami ambil menggandeng pemerintah dan organisasi lainnya untuk meringankan beban saudara yang terdampak pandemi," kata Jessica, Kamis (26/11/2020).

Menurut dia, selama pandemi ini, MNC Peduli juga melakukan kegiatan lainnya dalam membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. Misalnya, pemberian alat kesehatan pada 310 institusi kesehatan dan pemberian sembako. MNC Group melalui MNC Peduli bakal terus berusaha berpartisipasi memberikan bantuan di mana pun dan pada siapapun yang membutuhkan.

Director of OTT Product, Marketing & Programming MVN Clarissa Tanoesoedibjo mengatakan, MVN pun senang bisa berkontribusi dalam pemberian internet gratis ini. Sebab, MVN bagian dan bisnis media yang mengoperasikan televisi berbayar, jaringan broadband, dan konten siaran di Indonesia dengan berbagai brandnya. Pasalnya, ineternet saat ini menjadi bagian terpenting dalam mendukung kegiatan pendidikan secara online. "Maka itu, melalui CSR ini, MVN percaya sebagai koorporasi kita ikut bertanggung jawab ikut serta menyejahterakan masyarakat," tuturnya.

Selain menjadi sarana pendukung proses pembelajaran online selama pandemi, warga Gandaria Selatan juga bisa mendapatkan layanan global streaming dan serial televisi melalui aplikasi Vision Plus. Di dalam aplikasi itu terdapat beragam serial televisi Indonesia dan Internasional dengan berbagai macam genrenya juga.

"Vision Plus juga menyediakan saluran hiburan anak dan channel B Smart, yang mana saluran bimbingan belajar yang menampilkan tayangan pendidikan dengan mata pelajaran Matematika, IPA, B Inggris, dan B Indonesia. Bahkan, tayangannya telah sesuai kurikulum Indonesia dan bisa dipakai sebagai bekal ujian nasional," katanya.

Clarissa berharap, penyediaan internet gratis itu bisa memberikan manfaat bagi anak sekolah, mahasiswa, pekerja, dan masyarakat di Gandaria Selatan dalam menjalani aktivitasnya secara online itu melalui internet yang berkualitas. Ke depan, pihaknya juga bakal memberikan layanan internet gratis pula di lokasi lainnya.

Kepala Biro Kerja Sama Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata menekankan, Pemprov DKI Jakarta berterima kasih dan mengapresiasi kolaborasi demi menyediakan internet gratis di Gandaria Selatan itu. Pasalnya, program itu sekaligus wujud kepedulian MNC Group untuk turut mensukseskan program kerja Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan layanan wifi yang bisa diakses warga Jakarta.

"Kita sadari berlangsungnya Covid-19 ini kebutuhan akan akses internet sangat di utamakan seperti bagi para pekerja yang melaksanakan WFH atau pelajar dan mahasiswa yang harus menerima program materi pembelajaran dari rumah serta kegiatan atau meting yang kerap dilakukan virtual dan semua itu membutuhkan jaringan akses internet," kata dia.

Merespons perubahan tersebut, Pemprov DKI punya program penyediaan jaringan internet gratis atau wifi gratis. Pemprov mengajak kolaborasi asosiasi, dunia usaha, dan lembaga serta sektor privat lainnya untuk bisa mewujudkan program itu.

"Adanya internet gratis atau wifi gratis bisa memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas di tengah berlangsungnya pandemi Covid-19. Kami harapkan juga Apjatel terus memberikan peran dan kontribusi dalam mengembangkan industri internet dan telekomunikasi yang dapat dirasakan manfaatnya bagi warga kota Jakarta," katanya.


Sumber:www.inews.id